Mengenal “Retina Display” pada New iPad

3 Flares Twitter 0 Facebook 3 Google+ 0 LinkedIn 0 Email -- 3 Flares ×

MajalahInovasi.com – New iPad telah diluncurkan hampir sebulan yang lalu. Seri terbaru iPad ini menjual beberapa fitur unggulan yang tidak ada di seri sebelumnya, ipad 2. Seperti layar retina display, kamera 5 MP, voice dictation, dan akses 4G. Namun di antara fitur-fitur unggulan tersebut, layar retina display-lah yang menjadi unggulan Apple, selain kemampuan akses jaringan 4G . Lalu apa itu retina display?

 

Retina display adalah sebuah tampilan layar di mana mata manusia tidak dapat melihat piksel-piksel dalam tampilan layar tersebut. Retina display, seperti terdapat di new iPad, memiliki resolusi tampilan  2.048 x 1.536  dengan kerapatan piksel mencapai 246 px. Kualitas layar ini diklaim lebih bagus dibandingkan dengan high definition television (HD TV), yang memiliki resolusi layar 1024×768. Oleh karena itu kualitas kejernihan layar new ipad ini diklaim sangat baik, sangat jernih, sehingga retina mata kita tidak dapat melihat atau membedakan piksel dari layar tersebut.

 

Piksel dalam dunia digital adalah titik tertentu yang terdapat pada sebuah elemen display, misalnya LCD screen, TV, dan lain-lain. Setiap elemen display terdiri dari ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan piksel. Piksel ini dirangkai dalam 2 dimensi, x-y, sehingga setiap titik piksel mempunyai lokasi koordinatnya. Intensitas dalam piksel dapat diatur sedemikian rupa, sehingga dapat membentuk gambar tertentu.

 

Semakin rapat jumlah piksel, maka kualitas gambar yang dapat dihasilkan akan semakin baik. Piksel terdiri dari 3 warna dasar, merah, hijau, dan biru, atau cyan, magenta, kuning, dan hitam. Gabungan dari warna-warna itu akan membentuk warna sekunder, seperti ungu, kuning, dan warna lainnya. Kata pixel sendiri terdiri dari 2 gabungan kata, picture dan element.

 

Pixel per inch (ppi) adalah suatu ukuran dalam resolusi sebuah tampilan.  Atau dengan kata lain menunjukkan seberapa banyak piksel yang terkandung dalam area seluas 1 in x 1 in. Jadi semakin besar ppi, maka resolusi tampilan yang dihasilkan akan semakin baik dan tajam.

 

 

Steve Jobs, mantan CEO Apple dalam peluncuran iPhone 4, pernah mengatakan bahwa terdapat sesuatu yang istimewa pada 300 ppi. Jika kita memegang suatu perangkat display sejauh 10-12 inch dari mata, maka retina manusia tidak dapat melihat atau membedakan piksel dari perangkat display tersebut. New ipad mempunyai kerapatan 264 ppi, dan jelas itu dibawah 300 ppi, namun berbeda dalam penggunaan ponsel, iPad digunakan lebih dari 10-12 inch, sehingga Apple mengklaim bahwa tampilan new ipad sama dengan tampilan retina display yang terdapat di iphone 4.

 

Terakhir, tidak seperti istilah-istilah seperti LCD, LED, CRT yang memang merupakan istilah teknologi umum, perlu diingat retina display merupakan branding Apple untuk tampilan layar super tajam. Dan kita mendapat pelajaran disini, branding merupakan hal penting karena sangat berperan dalam penjualan suatu produk, seperti yang telah dilakukan Apple dalam branding produknya. (BEN/DST)

Tinggalkan Komentar